beda toko dengan swalayan

beda toko dengan swalayan

jual aplikasi kasir – Supermarket atau pasar swalayan ialah sebuah toko yang memasarkan segala keperluan sehari-hari. Kata yang secara harfiah yang dipungut dari bahasa Inggris ini artinya ialah pasar yang besar. Barang barang yang dipasarkan di supermarket biasanya ialah barang barang keperluan sehari hari. Seperti bahan makanan, minuman, dan barang keperluan seperti tissue dan beda sebagainya.

Jenis Pasar Swalayan :
Di samping midimarket, supermarket dikenal pula minimarket,, dan hypermarket.
Perbedaan istilah hypermarket , minimarket, supermarket dan ialah di format, ukuran dan kemudahan yang diberikan. Contohnya :
– minimarket berukuran kecil (100m2 s/d 999m2).
– supermarket berukuran sedang (1.000m2 s/d 4.999m2).
– hypermarket berukuran besar (5.000m2 ke atas).
– grosir berukuran besar (5.000m2 ke atas).

Pasar Swalayan atau toko serba ada dipecah dalam jenis :
Minimarket
jual aplikasi program kasir – Sebuah minimarket sebenarnya ialah semacam “toko kelontong” atau yang memasarkan segala macam barang dan makanan, tetapi tidak selengkap dan sebesar suatu supermarket. Berbeda dengan toko kelontong, minimarket merealisasikan sistem swalayan, dimana pembeli memungut sendiri barang yang ia butuhkan dari rak-rak barang-barang dan membayarnya dikasir. Sistim ini pun membantu supaya pembeli tidak berhutang.
Sebuah minimarket jam bukanya pun lain dari suatu supermarket, minimarket circle K jam bukanya sampai 24 jam.
Minimarket yang terdapat di Indonesia ialah Alfamart, Indomaret, Ceriamart, Circle K, dan lain-lain.

Midimarket
Ukuran lebih banyak sedikit dari minimarket ialah midimarket, di sini sudah dipasarkan daging dan buah2an. Buka dapat 24 jam atau melulu sampai jam 24 saja. Sebagai contoh ialah Alfa Midi, dan beberapa dari jaringan Giant yang dulunya mempunyai nama Hero.

Supermarket
Kalau Supermarket seluruh barang ada, dari kelontong, sepeda, TV dan camera, furnitur, baju, ikan dan daging, buah2an, minuman, pokoknya serba ada keperluan sehari-hari. Contohnya : Giant Supermarket, Carrefour Express, Foodmart, Super Indo, dan lain-lain.

Hypermarket
Di sini hypermarket ialah supermarket yang besar tergolong lahan parkirnya. Sebagai misal Carrefour, Hypermart, Giant Hypermarket, dan lain-lain.

Grosir
Disini seluruh barang tersedia sampai-sampai ada bongkar muat di dalam pusat grosir. Contoh : Indo Grosir, Makro [Lotte Mart], Jaya Toserba dan lain-lain.

Toko Serba Ada
Toko serba terdapat atau toserba (bahasa Inggris: department store) ialah suatu format toko yang memasarkan barang barang-barang eceran. Barang-barang yang dipasarkan umumnya digolongkan menjadi :
Barang-barang keperluan pria.
Barang-barang keperluan wanita.
Barang-barang keperluan remaja.
Barang-barang keperluan anak.
Alat-alat lokasi tinggal tangga.
Contohnya : Jaya Toserba.

Mal
Mal adalah jenis dari pusat tempat perbelanjaan yang dimana secara arsitektur berupa bangunan tertutup dengan cuaca yang ditata dan mempunyai jalur guna berjalan jalan yang teratur sampai-sampai berada diantara lokasi toko-toko kecil yang saling mereka berhadapan. Karena format dari bangunannya yang melebar (luas), umumnya suatu mal mempunyai tinggi tiga lantai.

Di dalam suatu mal, penyewa gedung besar (anchor tenant) lebih dari satu (banyak). Seperti jenis pusat tempat perbelanjaan lain laksana toko serba ada guna masuk di dalamnya. Contoh dari suatu standar mal ialah Cinere Mall dan Blok M Mall.

Jika di lihat dari lokasi, mal sebetulnya diperuntukkan berada di sekitar lokasi pemukiman. Karena itulah bangunan mal melebar, sebab dalam pada umumnya tempat yang dekat kompleks ini, adapun harga tanah relatif lumayan murah daripada pembangunan suatu plaza, yang berada di tempat pusat kota. Dalam bangunan mal pun umumnya ada atrium.

Pusat perbelanjaan
Pusat perbelanjaan ialah sekelompok penjual ketengan dan usahawan komersil lainnya yang merencanakan, mengembangkan, mendirikan, mempunyai dan mengelola suatu properti tunggal. Pada tempat properti ini berdiri disediakan pun tempat parkir. adapaun Tujuan dan ukuran besar dari pusat perbelanjaan ini lazimnya ditentukan dari ciri khas dari pasar yang dilayani.
Konfigurasi umum pusat perbelanjaan contohnya ialah gedung tertutup dan pasar terbuka.

Comments are closed.