Kenali Ciri Ciri Gejala Tipes Sejak Dini

Kenali Ciri Ciri Gejala Tipes Sejak Dini

ciri ciri tipes

Tipes merupakan jenis penyakit yang dapat menyerang anak kecil maupun dewasa. Penyakit ini menyerang seseorang akibat infeksi bakteri yang bernama salmonella thyps. Tipes memang bukan penyakit yang menular, tapi Anda harus mewaspadai agar tidak terinfeksi bakteri serupa. Untuk itu, kenali ciri ciri gejala tipes agar saat terlihat tandanya, Anda dapat segera melakukan pengobatan sebelum parah. Pengobatan tipes biasanya dilakukan di rumah sakit terdekat. Apabila sudah parah, pasien akan dianjurkan untuk dirawat inap.

Infeksi bakteri tipes yang tidak segera diobati akan memperburuk keadaan, karena akan masuk ke dalam darah maupun usus. Bakteri akan tumbuh melalui aliran darah Anda dan berkembang secara cepat. Inilah yang menyebabkan kondisi penderita tipes menjadi menurun drastis. Hal ini tidak akan terjadi jika Anda mendapatkan perawatan intensif sampai bakteri benar-benar hilang dari tubuh. Pencegahan bisa Anda lakukan segera bila mengetahui apa saja ciri ciri gejala tipes. Berikut ini ada beberapa gejala yang bisa Anda pahami dari awal sampai tahapan berikutnya.

1. Infeksi Minggu Pertama

Pada mingu-minggu pertama, penderita tipes akan mengalami kondisi tubuh yang lemah. Selain itu, ada gelaja lain yang timbul, seperti sakit kepala dari bagian belakang sampai sekitar mata, demam hingga suhu tubuh mencapai lebih dari 40 derajat, muncul bercak merah di tangan dan kaki, nafsu makanan berkurang, batuk kering, dan gangguan pencernaan. Gejala-gejala tersebut akan dialami oleh pasien selama satu mingguan.

2. Infeksi Minggu Kedua

Apabila pasien tidak segera ditangani dengan baik pada minggu pertama, maka akan timbul gejala yang makin parah pada minggu kedua. Pada tahap ini pasien akan semakin mengalami gangguan pada pencernaan, perut menjadi bengkak, dan suhu tubuh naik turun.

3. Infeksi Minggu Ketiga

Pada minggu ketiga kondisi pasien akan semakin parah dan tidak mampu lagi melakukan beragam aktivitas. Pasien hanya bisa tidur di ranjang karena sudah tidak punya kekuatan lagi untuk bangun. Sebaiknya Anda tidak membiarkan pasien sampai mengalami tahap ini. Bakteri akan terus menyebar ke beberapa bagian tubuh.

4. Infeksi Minggu Keempat

Sama seperti gejala demam berdarah, ciri ciri gejala tipes selanjutnya akan menyebabkan pasien justru merasa agak baikan. Akan tetapi, Anda harus mewaspadai fase ini, karena kemungkinan besar akan menyebabkan komplikasi dan timbul gejala pada minggu selanjutnya.

Itulah ciri ciri tipes yang perlu Anda ketahui. Setiap tingkatnya memperlihatkan gejala masing-masing. Anda harus menghindari pengobatan sampai menunggu parah. Periksakan segera ke puskesmas ataupun rumah sakit terdekat apabila sudah merasakan gejala seperti minggu pertama. Anda juga bisa menghindari penyakit ini dengan cara menjaga kebersihan dan atur pola makan yang sehat.

 

Comments are closed.