Ingin Tahu Sejarah Citilink Airlines?

Ingin Tahu Sejarah Citilink Airlines?

Citilink Airlines merupakan maskapai penerbangan yang perkembangannya sangat pesat di Indonesia. Sejak berdirinya maskapai ini di tahun 2011 dengan A320 sebagai pesawat pertamanya, Citilink terus melakukan ekspansi di bawah naungan Garuda Indonesia. Lahirnya maskapai ini juga merupakan usaha Garuda dalam menyaingi segmen penerbangan murah lainnya yang ada di Indonesia.

Dasar Hukum Pendirian Citilink, 

Perusahaan maskapai penerbangan PT. Citilink Indonesia merupakan anak perusahaan dari PT. Garuda Indonesia. Perusahaan ini berdiri dengan dasar hukum dari Akta Notaris Natakusumah No. 01 yang dikeluarkan pada tanggal 6 Januari tahun 2009 di Sidoarjo, Jawa Timur. Akta tersebut kemudian mendapatkan pengesahan dari Menkumham dengan nomor surat AHU-14555.AH.01.01 pada tanggal 22April 2009. Pada saat pendirian anak perusahaan ini, PT Garuda Indonesia (Persero) memegang saham sebesar 67% dan PT Aerowisata sebesar 33%.

Pada awalnya, SBU Citilink merupakan pengelola setiap penerbangan maskapai Citilink ini. SBU ini merupakan milik Garuda Indonesia dengan AOC Garuda yang digunakan untuk beroperasi. Citilink juga memakai nomor penerbangan milik Garuda seak pertama pada bulan Mei 2011.

Pada tanggal 13 Januari 2012, dikeluarkan pula sebuah Akta No.23 yang menyatakan tentang perubahan setoran permodalan. Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 2012, dikeluarkan pula Akta No.91 yang menyatakan tentang penyertaan tambahan modal dalam bentuk armada pesawat terbang. Dengan akta tersebut, Garuda memegang 94,3% kepemilikan saham Citilink. Sedangkan 5,7% dari saham tersebut dimiliki oleh Aerowisata.

Pada tanggal 27 Januari 2012, Citilink mendapatkan izin usahanya sebagai maskapai penerbangan dengan nomor SIUAU/NB-027. Serta pada tanggal 22 Juni 2012 juga mendapatkan sertifikat penerbangan nomor AOC 121-046. Dengan kelengkapan dokumen tersebut, Citilink kemudian resmi beroperasi sejak tanggal 30 Juli 2012. Call sign yang digunakan Citilink adalah Supergreen, IATA flight code nya adalah QG dan CTV sebagai ICAO designation.

Armada Pesawat Terbang Citilink

Saat ini, Citilink telah beroperasi dengan total 34 armada pesawat terbang tipe Airbus A320 yang masing –masing berkapasitas 180 kursi. Maskapai penerbangan ini juga telah melayani penerbangan domestik ke 42 rute dan setiap hari melakukan penerbangan hingga 184 kali di seluruh Indonesia. Lihat disini.

Comments are closed.